Tuliskan dan jelaskan bagian bagian surat!

Diposting pada

Seperti yang telah dijelaskan dalam artikel mengenai surat menyurat bahwa surat harus di tulis dengan baik dan benar secara jelas dan lugas. Selain itu penulis harus mengetahui bagian-bagian surat agar tidak terjadi kesalahan penulisan letak maupun tata bahasa yang akan dijelaskan dalam artikel tuliskan dan jelaskan bagian-bagian surat.

Bagian-bagian Surat
Bagian-bagian Surat

Ini Dia Bagian-Bagian Surat Dan Penjelasannya

Bagian Bagian Surat Resmi, Sebagai Berikut:

1. Kop surat

Kop surat atau dikenal juga dengan kepala surat merupakan bagian teratas dalam surat dimana di dalamnya tertulis informasi Logo instansi, Nama instansi, Alamat, nomor telepon, nomor fax, dan alamat email / alamat website. Biasanya di beri garis horizontal setelah penulisan kop surat yang fungsinya untuk memisahkan antara kop surat dengan bagian lainnya.

2. Tempat dan Tanggal surat

Merupakan tempat dan tanggal penulisan surat tersebut.

3. Nomor surat

Dalam sebuah instansi dilakukan pencatatan untuk surat masuk dan surat keluar sehingga dapat terpantau. Nomor surat berfungsi untuk memudahkan bagian administrasi dalam melakukan filling surat masuk dan surat keluar.

Selain itu juga memudahkan dalam pengelompokan surat. Karena dalam nomor surat tercantum nomor urut penulisan surat, kode surat, tanggal, bulan, dan tahun penulisan surat.

4. Lampiran

Merupakan bagian surat untuk menginformasikan jumlah dokumen-dokumen atau berkas yang disertakan dalam surat. Jika ada.

5. Perihal

Merupakan bagian surat untuk menginformasikan tujuan di buatnya surat.

6. Alamat dalam

Merupakan alamat tujuan yang di tulis dalam surat. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan dalam penulisan alamat dalam:

  • Penulisan “kepada” tidak perlu di tuliskan apabila sudah tercantum kata “YTH /Yang terhormat”
  • Jika yang dituju adalah perorangan atau bukan sebuah instansi maka gunakan kata “Bapak”,” Ibu” atau “Sdr” dan setelahnya diikuti nama orang yang bersangkutan.
  • Untuk penulisan alamat dalam tidak diberi tanda titik pada akhir kata.
  • Alamat yang dituju ditulis dengan lengkap.

7. Salam Pembuka

Merupakan bagian surat yang berfungsi sebagai sapaan dalam surat. Penulisan salam pembuka menggunakan huruf kapital di awal dan di akhiri dengan tanda koma.

8. Isi Surat

Untuk bagian sisi surat terbagi menjadi tiga. Yang pertama di tulis dalam alinea pertama yang fungsinya sebagai pendahuluan sebelum memasuki alinea isi.

Yang kedua adalah alinea isi dimana informasi yang hendak di sampaikan berada dalam bagian ini. Dan yang terakhir adalah penutup, biasanya berisi harapan dan ucapan terima kasih.

9. Salam Penutup

Penutup surat dimana mengakhiri pembicaraan dalam surat. Biasanya di akhiri dengan kata “Hormat Saya / Hormat Kami / wasallam”. Untuk penulisan sama dengan salam pembuka.

10. Nama Jelas Pengirim dan Tanda Tangan

Setelah surat selesai bubuhkan tanda tangan disertai nama jelas pengirim, boleh juga menyertakan jabatan.

11. Tembusan

Merupakan bagian surat yang menginformasikan bahwa ada beberapa pihak yang harus mengetahui surat tersebut.

Sekarang tentunya lebih mudah untuk memahaminya kan?! Nah, bagaimana readers ? Sudah bisa memahami tentang bagian-bagian surat? Kalau sudah jangan hanya di tuliskan dan jelaskan bagian-bagian surat ya, tetapi juga diimplementasikan saat membuat surat menyurat.

Pastikan ikuti prosedur penulisan surat agar surat yang di buat tersebut dikatakan baik dan benar serta mudah dipahami oleh pembacanya. Sekian. Semoga kegiatan surat menyurat tetap di lestarikan ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *