Beranda » Contoh Format Surat Undangan » 3 jenis surat pribadi dan surat bisnis dalam bahasa inggris

3 jenis surat pribadi dan surat bisnis dalam bahasa inggris

Jenis-jenis surat dalam bahasa inggris ada beberapa yang harus kita ketahui, seiring dengan kemajuan zaman sekarang kita dapat dengan mudahnya berkomunikasi dengan seseorang yang berada di luar negeri, menggunakan internet, email ataupun ruang obrolan yang banyak tersedia.

Namun Kegiatan surat menyurat masihlah memiliki peringkatnya tersendiri di mana ia tidak dapat digantikan dengan media komunikasi yang lain dalam hal urusan formal. Surat sendiri dapat digunakan untuk berbagai macam kepentingan baik individu maupun bisnis.

Dalam pembahasan kali ini kita akan membahas tentang jenis-jenis surat dalam bahasa Inggris. Informasi ini akan membantu anda memahami beberapa istilah surat yang ada di dalam bahasa Inggris yang mungkin sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari atau mungkin akan anda gunakan untuk berkomunikasi dengan seseorang yang anda kenal di luar negeri.

Sebelum kita membahas lebih lanjut jenis-jenis surat dalam bahasa Inggris. Seperti yang telah banyak diketahui tentang pengertian surat sebagai alat komunikasi dibagi menjadi beberapa jenis yaitu surat pribadi dan surat resmi. Dalam bahasa inggris surat pribadi diartikan sebagai Personal letter sedangkan untuk surat resmi dalam bahasa inggris bisa disebut sebagai Business letter.

Seperti pengertian surat pribadi personal letter adalah surat yang ditulis oleh seseorang untuk mewakili kepentingannya sendiri . sedangkan Business letter adalah surat yang ditulis untuk mewakili kepentingan, perintah, atau keputusan suatu perusahaan yang ditujukan pada seseorang maupun pada perusahaan lain.

Jenis-Jenis Surat Dalam Bahasa Inggris

Jenis-Jenis Surat Dalam Bahasa Inggris Menurut Penggunaannya

1. Personal letter

Adalah salah satu Jenis surat dalam bahasa inggris yang memiliki beberapa jenis berdasarkan kepentingan surat itu ditulis.

Berikut ini adalah jenis-jenis surat dalam bahasa Inggris:

  • Cover letter, atau kita ketahui sebagai surat lamaran kerja. Surat ini tentunya berfungsi untuk mengajukan lamaran pekerjaan kepada sebuah perusahaan.
  • Apologies letter, surat permintaan maaf atau bisa disebut dengan surat izin, di mana kita menggunakan surat ini sebagai tanda rasa bersalah kita karena tidak dapat ikut dalam kegiatan tersebut.
  • Invitation letter, berguna untuk mengundang seseorang pada sebuah acara yang diadakan oleh sang penulis surat.

Itulah beberapa Jenis surat dalam bahasa inggris yang mewakili jenis personal letter. Tidak ada banyak perbedaan yang dimiliki oleh surat dalam berbahasa inggris selain penggunaan bahasa Inggris. Maka dari itu seringlah berlatih.

2. Business letter

Business letter adalah jenis surat yang digunakan untuk kepentingan perusahaan guna untuk sebuah kepentingan yang harus dilakukan untuk mewakili perusahaan.

Berikut ini adalah jenis-jenis surat dalam bahasa Inggris:

  • Surat Congratulations and Appreciation ini digunakan oleh perusahaan untuk mengirimkan kepada klien lain atas pencapaian yang mereka lakukan atau bisa juga surat ini ditulis oleh perusahaan untuk salah satu karyawan perusahaan yang mengalami hal menyenangkan.
  • Business Invitations, surat ini ditulis serta ditujukan pada patner bisnis dari perusahaan tersebut guna mengundang pada suatu perayaan yang diselenggarakan oleh perusahaan tersebut, Untuk menjalin hubungan yang baik agar kerja sama mereka terus berjalan.
  • Business Announcement, surat ini ditulis untuk memberi sebuah pengumuman terkait tentang perusahaan seperti pembukaan cabang baru atau pergantian pendudukan jabatan.

Demikianlah Jenis-jenis surat dalam bahasa inggris. Dengan informasi ini dapat membantu kalian dalam mempelajari hal tentang korespondensi di Indonesia maupun luar negeri. Walaupun tidak memiliki perbedaan yang cukup banyak dengan surat dalam bahasa inggris.

Memang kita harus sering melatihnya agar kita terbiasa dalam penulisan maupun pengucapan bahasa Inggris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *