Pembahasan mengenai surat resmi tentunya telah banyak dibahas baik tentang pengertian, isi surat serta bentuk surat. Berikut ini akan dibahas tentang jenis-jenis surat resmi:

Pengertian, Fungsi Dan ciri-ciri Jenis Surat Resmi

Sebelum membahas mengenai jenis-jenis surat resmi, sebaiknya kita membahas pengertian surat resmi yang sepertinya telah kita bahas berulang kali namun untuk sekedar mengingatkan kembali bahwa surat resmi ialah surat yang diturunkan oleh sebuah instansi atau kelompok yang ditujukan pada seseorang maupun pada kelompok lain.

Bagaimana kita mengetahui bahwa surat tersebut adalah surat resmi?

Mudah saja, terdapat ciri ciri utama yang dapat kita ketahui dari bagian atas surat bahwa surat tersebut merupakan surat resmi.

Pada bagian atas surat tersebut tentunya terdapat kop surat berisi informasi instansi pengirim, nomor surat yang tertera pada bagian bawah kop menjadi salah satu ciri khusus surat resmi, bentuk surat resmi biasanya menggunakan bentus surat yang rapi sehingga dengan sekali lihat kita dapat memastikan bahwa surat tersebut adalah surat resmi.

  • Selain sebagai alat komunikasi, surat resmi memiliki beberapa fungsi yang mungkin anda belum ketahui. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari jenis-jenis surat resmi:
  • Sebagai referensi, dalam kegiatan bisnis biasanya kita melakukan tindakan surat menyurat untuk menjalin kerja sama dengan sebuah perusahaan lain. Surat resmi bisa dijadikan sebuah referensi surat yang akan digunakan oleh perusahaan lain untuk membalas surat yang telah kita kirimkan.
  • Bukti konkret, surat bisa kita gunakan sebagai barang bukti karena di dalam surat memiliki beberapa informasi jelas tentang tanggal serta hal yang sedang dibicarakan dalam surat tersebut.
  • Sebagai alat keputusan, dengan surat kita bisa mendapatkan sebuah keputusan yang akan menjadi arahan selanjutnya bagi tugas yang akan kita lakukan. Contohnya ialah surat dinas, jika kita diharuskan melakukan perjalanan bisnis biasanya mereka disertai dengan surat pengantar perusahaan agar dapat dipercaya sebagai karyawan perusahaan tersebut. Jika kita melakukan perjalanan bisnis tanpa surat perintah atau surat pengantar maka kegiatan bisnis kita tidaklah valid.
Jenis surat resmi

Jenis surat resmi

Jenis-Jenis Surat Resmi

Setelah membahas tentang fungsi yang dimiliki oleh surat resmi selain sebagai alat komunikasi, sekarang kita akan membahas tentang beberapa jenis surat resmi yang mungkin akan kita gunakan.

Berikut ini adalah jenis-jenis surat resmi:

1. Surat pengantar

Yaitu surat yang digunakan untuk mengatar atau dapat disebut perwakilan, biasanya surat ini akan ditulis bersamaan dengan seseorang yang akan melakukan sebuah perjalanan bisnis. Surat ini juga bisa ditulis dan disertakan dalam sebuah transaksi pengiriman barang.

2. Surat Keputusan

Surat ini adalah surat yang diturunkan oleh atasan untuk nyatakan keputusannya. Setelah memikirkan ataupun mendiskusikan tentang sebuah keputusan maka ia harus membuat surat ini sebagai bukti serta arsip bagi perusahaan, surat keputusan biasnya dibuat untuk penerimaan karyawan baru maupun keputusan penaikan jabatan seseorang.

3. Surat panggilan/undangan

Tak jauh berbeda dengan namanya tentunya surat ini digunakan sebagai alat mengundang ataupun memanggil seseorang guna untuk membicarakan atau mendiskusikan suatu hal yang berkaitan dengan instansi tersebut, salah satu contoh surat undangan adalah surat undangan interview atau surat undangan panggilan orang tua yang di tuliskan oleh sekolah.

4. Surat peringatan

Surat ini bertujuan untuk memperingatkan seseorang atas apa yang telah dilakukannya. Biasanya surat ini diturunkan karena adanya seorang karyawan yang melanggar peraturan instansi atau seorang murid yang melanggar aturan sekolah.

5. Surat perintah

Fungsi dari surat ini sudahlah sangat jelas yaitu untuk memerintahkan seseorang untuk melakukan tugas.

Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *