5 Manfaat Atau Kegunaan Surat

Diposting pada

Komunikasi adalah hal harus dilakukan oleh setiap individu untuk menjalin hubungan. Ada beragam media komunikasi yang dapat kita gunakan, salah satunya adalah surat. Surat adalah media komunikasi tertulis yang dapat kita gunakan untuk berbagi informasi. Selain berbagi informasi surat memiliki banyak kegunaan lainnya. Berikut ini adalah ulasan tentang manfaat atau kegunaan surat.

Manfaat Atau Kegunaan Surat
Manfaat Atau Kegunaan Surat

Sejarah, Manfaat atau kegunaan Surat

Sebelum kita mengetahui manfaat atau kegunaan surat lebih lanjut sebaiknya kita ketahui dulu sejarah surat di Indonesia. Surat di Indonesia telah berkembang sejak jaman Majapahit, ditulis dengan menggunakan bahasa palawa atau yang kini kita ketahui sebagai aksara Jawa.

Zaman dulu surat ditulis dalam media batu, kayu dan kertas namun kertas yang dimaksud bukanlah kertas yang sama yang sering kita gunakan sekarang melainkan bambu yang diiris tipis ataupun daun lontar. Kedatangan belanda ke Indonesia menjadi pengaruh besar terhadap perkembangan surat menyurat di Indonesia.

Pada tahun 1596 Cornelis de Houtman datang membawa surat yang ditujukan kepada Raja-raja di Jakarta dan Banten. Pengiriman surat pada jaman itu memanfaatkan kapal belanda yang berlayar dari pulau ke pulau. Lalu pada akhirnya pada tanggal 26 Agustus 1746 kantor Pos pertama di Jakarta resmi didirikan oleh Gubernur Jendral G.W. Baron Van Inhoff.

Tujuan kantor pos ini dibangun adalah untuk menampung surat yang akan dikirim khususnya daerah luar pulau Jawa. Pada saat setelah merdeka telah terjadi pengalihan jawatan Pos Telegraf dan Telepon dari tangan Jepang. Dan sejak saat itu banyak dilakukan perombakan terhadap sistem pos yang ada dan memperluas wilayah yang mencakup wilayah-wilayah yang sulit dijangkau.

Pengertian, Manfaat Atau Kegunaan Surat

Sebelum kita membahas manfaat atau kegunaan surat secara lebih lanjut sebaiknya kita mengetahui dahulu apa itu Surat. Surat adalah sebuah media komunikasi tertulis yang dapat digunakan oleh setiap kalangan. Surat ditulis dalam secarik kertas dan dimasukkan dalam sebuah amplop lalu dikirimkan pada seseorang yang dituju melalui pos. Namun seiring berjalanya waktu sekarang surat jarang sekali digunakan.

Dengan adanya teknologi sekarang surat tidak hanya dikirim kan melalui pos namun dikirimkan melalui jaringan internet menggunakan surat elektronik. Surat yang yang biasanya ditulis pun sudah berubah menjadi surat yang diketik dengan bantuan komputer. Namun manfaat atau kegunaan surat itu sendiri tidaklah berubah.

Manfaat Atau Kegunaan Surat

Setelah membahas sejarah surat ada beberapa hal yang perlu kita ketahui dari surat yaitu manfaatnya. Tentunya manfaat surat bukan hanya sebagai media komunikasi tetapi masih banyak lagi. Surat sendiri memiliki beberapa manfaat yang mungkin belum diketahui oleh kita. Berikut ini adalah manfaat atau kegunaan surat.

1. Sebagai alat komunikasi

Alat komunikasi adalah manfaat utama dari surat di mana kita dapat mengetahui sebuah berita atau kabar tentang seseorang yang berada jauh dari kita hanya dengan menuliskannya dalam surat dan mengirimkannya pada orang yang kita tuju.

2. Sebagai alat Bukti

Manfaat yang kedua ini cukup banyak diketahui oleh orang. Kita bisa menjadikan surat sebagai barang bukti berkekuatan hukum karena surat memiliki bentuk fisik yang konkret serta memiliki informasi valid yang disertai tanda tangan. Sehingga surat bisa menjadi barang bukti yang cukup ampuh dalam masalah hukum.

3. Sebagai wakil

Jika kita diharuskan datang pada suatu acara namun berhalangan karena kegiatan lain yang tidak bisa ditinggalkan. Kita dapat menggunakan surat sebagai wakil kedatangan kita.

4. Sebagai alat pengambil keputusan

Biasanya dalam kegiatan dinas atau surat resmi surat dijadikan hal penentu terjadinya sebuah keputusan. Surat yang ditulis oleh seorang atasan bisa menjadi suatu keputusan berjalan atau tidaknya sebuah kegiatan.

5. Sebagai Bukti Sejarah

Telah disebutkan bahwa surat memiliki bentuk fisik yang konkret serta informasi dan validitas yang tertera pada surat. Hal ini bisa dijadikan sebuah bukti sejarah atau kegiatan jika disimpan dalam waktu yang lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *