Memahami Pengertian dan Contoh Surat

Diposting pada

Pengertian dan contoh surat dinas – Halo Readers, apa kabar? Masih seputar surat menyurat ya, sekarang sudah bisa memahami tentang surat menyurat belum? Dalam artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai surat resmi. Nah, dalam sebuah perusahaan terutama di bagian marketing tentunya sering melakukan perjalanan dinas di mana surat izinnya menggunakan surat resmi yang berupa surat dinas.

Memahami pengertian dan contoh surat dinas tidak sulit karena surat dinas sendiri merupakan jenis surat resmi yang di buat untuk keperluan dinas pegawai. Dalam perusahaan surat dinas berfungsi sebagai izin sekaligus bukti bahwa pegawai yang bersangkutan tidak hadir di kantornya dikarenakan sedang bertugas di luar kota.

Pengertian dan contoh surat dinas
Pengertian dan contoh surat dinas

Memahami Pengertian Dan Contoh Surat Dinas

Untuk jangka waktunya pun ditentukan oleh kepala departemen atau kepala divisi masing-masing yang disesuaikan dengan perkiraan selesainya pekerjaan. Bahkan jika pada surat hanya tercantum 2 hari kerja tetapi pekerjaan ternyata belum selesai, maka divisi dapat mengajukan surat perpanjangan dinas.

Nah, bagi readers yang belum tahu tentang surat dinas ini, wajib menyimak ya, supaya lebih paham lagi tentang pengertian dan contoh surat dinas. Hehehe.

Ciri-ciri surat dinas hampir sama dengan surat resmi di mana pada penulisannya diharuskan menggunakan kop surat dan juga menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Untuk lebih jelasnya kita lihat contohnya yuk.

Contoh Surat 1

PT. XYZ

Jalan Sudirman No.23, Bandung 40155, Indonesia

Telp: 022-526773 Fax: 022526774 Email: XYZPT@gmail.co.id

Bandung, 22 Juni 2014

Nomor : 025/SPD/VI/2016

Perihal : Surat Perjalanan Dinas

Lampiran: –

Kepada Yth.

Bpk. Rudianto

Manajer SDM PT. XYZ

Di tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan akan dilaksanakannya acara pameran Export di Bangkok pada tanggal 24 Juni 2014 sampai dengan 27 Juni 2014, maka kami membutuhkan bantuan personil untuk membantu menyiapkan segala sesuatu yang di butuh kan guna mendukung suksesnya acara tersebut, adapun personil yang kami butuh kan adalah sebagai berikut:

Nama : Ridwan S

NPP : 21228

Jabatan : Staf Export

Mengingat betapa pentingnya acara ini, kami mengharapkan Bapak/Ibu dapat memberikan izin kepada yang bersangkutan untuk dapat melakukan perjalanan dinas tersebut.

Demikian surat ini kami sampaikan. Terima kasih atas perhatiannya.

Hormat kami,

Kepala Departemen

Retno

Contoh Surat 2

CV. Restu

Jalan Supratman No.17, Bandung 40132, Indonesia

Telp: 022-511523 Fax: 022-511524 Email: Restucv@gmail.co.id

Surat Perjalanan Dinas

Nomor: 013/SPD/CVR/VII/2017

Sehubungan dengan akan diadakannya evaluasi penggunaan aplikasi keuangan yang baru di setiap kantor cabang Jakarta, maka karyawan di bawah ini:

Nama : Syarif Hajar

Jabatan : Staf TI

NIP : 251233

Alamat : Jl. Gagak No.24 Bandung

Diharapkan dapat mengadakan sosialisasi ke kantor-kantor cabang di Jakarta, sekaligus melakukan evaluasi penggunaan aplikasi keuangan tersebut.

Demikian surat dinas ini dibuat untuk dapat disetujui. Atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih.

Bandung, 07 Juli 2017

Kepala Divisi TI

Eka Nur Fauzan

Bagaimana readers? Cukup jelas tidak pengertian dan contoh surat dinas di atas? Mudah-mudahan jelas ya. Jadi jika nanti kalian hendak melakukan perjalanan dinas ke luar kota, jangan lupa minta di buatkan copy suratnya, fungsinya adalah jika staf SDM lupa menginput izin pada sistem absensi.

Kalian bisa menunjukkan bukti perjalanan dinas berupa surat dinas tadi. Perlu diketahui setiap surat memiliki fungsinya masing-masing. Jangan sampai salah membuat surat ya. Hehehe.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *