Pengertian Korespondensi Bisnis

Diposting pada

Bagi kalian yang pekerjaannya berkutat dengan dokumen dan komunikasi tertulis antar organisasi/instansi pasti paham betul tentang pengertian korespondensi yang akan kita bahas dalam artikel ini. Beberapa orang pasti tidak asing dengan kata tersebut, namun tidak memahami tentang artinya.

Pengertian Korespondensi
Pengertian Korespondensi

Pengertian Korespondensi Bisnis

Pengertian korespondensi sebetulnya merupakan istilah lain dari surat menyurat, karena aktivitas yang dilakukan adalah penyampaian suatu hal melalui surat dari satu pihak kepada pihak lainnya dengan mengatasnamakan instansi atau perseorangan. Dan pihak yang terlibat disebut dengan koresponden.

Dalam penjelasan tersebut salah satu media yang digunakan adalah surat. Jadi, surat merupakan sarana yang fungsinya untuk menyampaikan pesan dari pihak pengirim surat kepada pihak penerima surat dengan tujuan tertentu.

Seperti yang telah dijelaskan dalam artikel-artikel sebelumnya mengenai jenis surat menyurat, tujuan dan sebagainya. Dimana dalam penulisannya pun memiliki beberapa bentuk juga struktur penulisan masing-masing.

Artinya, surat memang bukan merupakan sebuah karya tulis tetapi dalam penulisannya khususnya surat menyurat yang berhubungan dengan klien atau rekan bisnis harus menjunjung etika, agar tidak menyinggung atau terjadi kesalahpahaman dari pihak penerima surat.

Nah readers, korespondensi sendiri ada dua macam:

a. Korespondensi ekstern

Dimana kegiatan surat menyurat yang dilakukan oleh pengirim dengan pihak luar. Contohnya adalah kegiatan penjualan eksport. Dimana komunikasi biasanya dilakukan via e-mail terlebih dahulu untuk kemudian membuat janji bertemu.

b. Korespondensi intern

Merupakan kegiatan surat menyurat yang dilakukan orang-orang dalam lingkungan kerja yang sama dan atau perusahaan yang sama atau kantor cabang. Misalnya pt. Xyz yang membuat surat distribusi barang untuk kantor cabang.

Jadi, jika nanti kalian mendengar istilah korespondensi sudah bisa paham kan dengan maksudnya?.

Saat ini korespondensi merupakan kegiatan yang umum dilakukan pada sebuah perusahaan guna menunjang bisnis mereka, itulah kenapa ada istilah pengertian korespondensi bisnis. Surat menyurat pun bisa dilakukan secara manual melalui kertas maupun via e-mail.

Dalam penulisannya pun, surat harus ditulis secara jelas supaya tidak terjadi kesalahpahaman antar pengirim surat dan penerima surat. Kemudian surat juga harus ditulis secara lugas, artinya penulis surat tidak membuang-buang kata dengan menulis sesuatu yang maknanya sama dengan susunan kata yang berbeda.

Terakhir surat harus di buat dengan menarik dan santun, tidak harus puitis tetapi menarik minat penerima surat dengan tidak melakukan pengulangan kata yang nantinya terasa membosankan.

Menariknya, korespondensi saat ini tidak hanya dilakukan dalam lingkup bisnis nasional tetapi juga internasional, dimana untuk membuat penawaran, atau kontraknya di buat secara tertulis. Meskipun pada saat penawaran dan negosiasi dilakukan secara langsung melalui pertemuan kedua belah pihak atau melalui rapat kecil.

Pada akhirnya, jika telah dicapai kesepakatan akan dituangkan dalam perjanjian atau sebuah kontrak secara tertulis. Jadi, walaupun berawal dengan penawaran secara langsung, pada akhirnya korespondensi akan turut berperan.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa korespondensi bisnis mempunyai peran penting dalam dunia bisnis saat ini. Bagaimana sekarang? Dengan sedikit penjelasan di atas sudah bisa memahami tentang pengertian korespondensi? Tentunya paham ya, karena tidak berbeda dengan surat menyurat biasanya.

Sekian pengertian korespondensi yang dibahas dalam artikel ini, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu readers yang sedang mempelajari atau ingin mengetahui sedikit tentang korespondensi khususnya korespondensi bisnis jadi bisa memahami dan mempraktikkan di tempat kerjanya masing-masing ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *