Pengertian Perlengkapan Surat Dan Ulasan Lengkapnya

Diposting pada

Readers, dalam artikel sebelumnya kita sudah banyak membahas tentang korespondensi atau surat menyurat, tetapi ada hal penting lain yang harus kita ketahui yaitu apa saja perlengkapan yang dibutuhkan untuk membuat surat. Yang akan di bahas dalam pengertian perlengkapan surat.

Pengertian Perlengkapan Surat

Tiga perlengkapan yang pasti atau harus ada yakni:

  1. Kertas surat,
  2. Sampul surat, dan
  3. Macam-macam sampul.
Pengertian Perlengkapan Surat
Pengertian Perlengkapan Surat

Siapkan Perlengkapan Ini Sebelum Menulis Surat!

Kertas surat merupakan perlengkapan utama dalam menulis surat, mengapa demikian? Karena surat sendiri di tulis dalam secarik kertas, di mana kertas yang akan diperhatikan pertama kali oleh penerima surat. Kertas surat sendiri terdiri dari berbagai macam jenis dan ukuran, tetapi umumnya kertas surat yang di gunakan berukuran Folio.

Namun ada juga yang memakai kertas berukuran folio hanya untuk surat yang isinya panjang, dan memilih ukuran A4 untuk surat yang isinya lebih pendek. Kertas HVS adalah kertas yang umum di gunakan dalam menulis surat, tingkat ketebalannya pun berbeda-beda. Semakin tebal kertas akan semakin baik karena meminimalisir kertas kusut atau cepat robek.

Untuk ukuran kertas HVS sendiri terdiri dari kertas dengan berat 90 gram, 80 gram, dan 60 gram. Kertas HVS 90 gram tidak hanya digunakan untuk menulis surat saja, tetapi biasanya digunakan untuk penulisan skripsi karena ketebalannya.

Bila tadi kita sudah membahas tentang kertas surat, hal yang harus diperhatikan setelahnya adalah sampul surat, dalam hal ini artinya logo. Logo di sini adalah yang tercantum dalam amplop surat.

Fungsinya selain membuat surat lebih rapi dan sopan, juga sebagai jaminan surat aman sampai tujuan. Selain itu, penerima surat biasanya memperhatikan logo surat terlebih dahulu sebelum membuka isi suratnya, karena dengan melihat logo ia bisa menimbang mana yang harus didahulukan.

Nah terakhir adalah macam-macam sampul, dikarenakan kertas surat yang digunakan pun beraneka ragam, maka untuk sampul pun disesuaikan agar tidak terlalu kekecilan atau kebesaran. Sampul sangat berguna untuk menjaga kerapian dan kebersihan surat, untuk menjaga keamanan isi surat, agar terlihat sopan, dan sebagainya.

Jadi sudah jelas ya, pengertian perlengkapan surat dan apa saja yang perlu disiapkan sebelum menulis surat, berikut kita rangkum kembali sebagai berikut:

  1. Sebelum readers akan menulis surat pertama pastikan dulu seberapa panjang isi surat yang akan di tulis.
  2. Setelah itu tentukan jenis kertas surat apa yang akan digunakan
  3. Setelah menentukan kertas surat barulah pilih jenis sampul yang akan digunakan, disesuaikan dengan jenis kertas suratnya ya.
  4. Cantumkan logo pada sampul surat.
  5. Surat siap untuk dikirim.

Mudah kan?

Dapat kita lihat dari waktu ke waktu media surat menyurat pun terus berkembang, jika dahulu orang bebas menulis surat menggunakan apa saja, saat ini kertas biasa ditulis hanya dalam secarik kertas. Sebab ruang lingkup surat menyurat sekarang sudah menjadi lebih luas, tidak hanya untuk saling memberi kabar antar perorangan tetapi juga untuk kepentingan komunikasi bisnis.

Wah luar biasa ya readers, surat saat ini memegang peranan penting dalam segala aktivitas manusia, meskipun dengan banyaknya media-media elektronik lainnya, tapi surat tetap menjadi pilihan dalam kegiatan bisnis. Karena fungsinya yang juga dapat dijadikan bukti dan di arsipkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *