Beberapa Perbedaan Surat Pribadi Resmi dan Surat Dinas

Diposting pada

Jenis surat yang paling umum yang kita ketahui adalah surat pribadi dan surat resmi. Namun tahukah kalian kedua surat tersebut memiliki jenis lainnya. Surat pribadi yang kita ketahui adalah surat yang ditulis secara pribadi untuk orang-orang terdekat dan tidak memiliki aturan khusus dalam penulisannya. Surat resmi adalah surat yang dikeluarkan oleh suatu instansi perusahaan atau pemerintahan yang berkaitan dengan kepentingan perusahaan ataupun pemerintahan. Salah satu jenis surat pribadi adalah surat pribadi resmi sedangkan salah satu jenis surat resmi adalah surat dinas. Lalu apa perbedaan keduanya? Mari kita membahas perbedaan surat pribadi resmi dan dinas.

Perbedaan Surat Pribadi Resmi dan Dinas
Perbedaan Surat Pribadi Resmi dan Dinas

Bagaimana Perbedaan Surat Pribadi Resmi Dan Dinas?!

Surat pribadi adalah surat yang dikirim atau dituliskan oleh seorang individu yang berkaitan dengan individu itu sendiri, surat pribadi memiliki dua jenis yaitu surat pribadi tidak resmi dan surat pribadi resmi.

Surat pribadi tidak resmi adalah surat yang biasanya ditulis tanpa ada aturan. Penggunaan bahasa yang digunakan pun biasanya sangat santai. Dalam surat jenis ini biasanya diperuntukkan kepada keluarga ataupun teman.

Surat pribadi resmi surat ini adalah surat yang ditulis dengan menggunakan format tertentu serta penggunaan bahasa yang baku agar terkesan sopan. Surat ini diperuntukkan untuk sebuah instansi atau kelompok. Jenis surat ini biasanya digunakan untuk melamar pekerjaan atau mengajukan permohonan.

Lalu apa perbedaan surat pribadi resmi dan dinas?

Surat resmi- Sebelum kita membahas tentang perbedaan surat pribadi resmi dan dinas sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu tentang surat resmi. Surat resmi adalah surat yang ditulis oleh sebuah instansi, kelompok atau pemerintahan guna untuk kepentingan instansi, kelompok atau pemerintahan. Salah satu jenis surat resmi ini adalah surat dinas.

Surat dinas adalah surat yang digunakan kepentingan pekerjaan formal yang ditulis oleh instansi atau pemerintahan yang biasanya digunakan untuk memberikan instruksi, perintah, undangan atau suatu kegiatan yang berhubungan dengan aktivitas instansi.

Kita telah membahas kedua pengertian surat pribadi resmi dan surat dinas. Lalu apa perbedaan di antara keduanya? Dari penjelasan di atas sebenarnya kita sudah dapat melihat apa saja perbedaan dari kedua surat tersebut.

Perbedaan yang kentara adalah dari pengirim atau penulis di mana dalam surat pribadi demi penulisnya adalah seseorang atau satu orang yang mengatasnamakan dirinya sendiri, sedangkan surat dinas adalah surat yang ditulis oleh sebuah instansi atau kelompok, bukan berarti yang menulis surat tersebut adalah banyak orang tetapi surat tersebut mengatasnamakan sebuah instansi yang diwakilkannya.

Namun selain perbedaan tersebut masih terdapat perbedaan lain yang harus kita ketahui. Kita akan membahas lebih lanjut tentang perbedaan surat pribadi resmi dan dinas.

Perbedaan surat pribadi resmi dan dinas terdapat pada format penulisan. Dalam surat resmi pribadi tidak ada namanya kop surat sedangkan pada surat dinas kop surat yang berisi informasi instansi harus disertakan.

Bentuk surat, bentuk surat yang digunakan dalam penulisan surat dinas biasanya menggunakan salah satu bentuk surat yang ada sedangkan surat resmi pribadi biasanya hanya memiliki satu format saja seperti penulisan tanggal yang berada di sebelah kanan, alinea pertama pada setiap paragraf yang menjorok, lalu penandatanganan yang berada sebelah kiri surat.

Dalam surat dinas memiliki nomor surat serta tembusan sedangkan dalam surat resmi pribadi tidak ada nomor surat serta tembusan. Dalam bagian penandatanganpun surat resmi pribadi dan surat dinas memiliki perbedaan, dalam surat dinas biasanya disertai dengan adanya cap instansi sedangkan dalam surat resmi pribadi hanya disertai tanda tangan penulis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *