Pengertian Surat Sangat Rahasia dan Ciri-cirinya

Diposting pada

Surat sangat rahasia adalah …. Jenis-Jenis Surat dibagi menjadi beberapa kelompok. Salah satunya dibagi menurut keamanan isi. Jenis-Jenis surat menurut keamanan isi terdiri dari 3 jenis. Yaitu Surat biasa, Surat rahasia dan surat sangat rahasia.

Dari ketiga jenis tersebut, tingkatan keamanan isi yang paling tinggi adalah surat sangat rahasia, dan yang paling rendah adalah surat biasa. Berikut ini saya akan mengulas lebih lengkap mengenai Pengertian Surat sangat rahasia dan ciri-cirinya.

Surat Sangat Rahasia Adalah
Surat Sangat Rahasia Adalah

Pengertian Surat Sangat Rahasia Adalah

Surat sangat rahasia adalah jenis surat yang berisi tentang masalah atau informasi yang sangat penting, sehingga tidak boleh diketahui oleh orang yang tidak berkepentingan. Surat sangat rahasia hanya boleh diketahui oleh pembuat surat dan penerima surat saja. Hanya diketahui oleh orang tertentu yang memang berhak mengambil keputusan terkait atau menyelesaikannya.

Biasanya surat ini dilengkapi dengan amplop yang aman dan tidak bisa terbaca dari luar. Pada Luar amplop atau paket, terdapat tanda atau kode SRHS atau SR. Menandakan surat tersebut jenis surat sangat rahasia dan tidak boleh dibuka sebelum sampai kepada penerima surat yang dituju.

Ciri-Ciri Surat Sangat Rahasia

Ciri-Siri Surat sangat rahasia adalah pada amplop surat terdapat tanda SRHS atau SR. Itu menandakan surat tersebut sangat rahasia dan tidak boleh dibuka oleh sembarang orang. Hanya orang tertentu saja yang boleh membukanya. Biasanya surat rahasia ini digunakan untuk mengirimkan data-data yang berhubungan dengan urusan dokumen negara, sehingga apabila surat ini jatuh ke tangan yang tidak berkepentingan, akan membahayakan negara atau warga negara tersebut.

Ciri-ciri Surat sangat rahasia lainnya adalah menggunakan sampul amplop lebih dari 1. Biasanya harus menggunakan 3 sampul. Sampul pertama dan kedua dari dokumen harus menggunakan kode SRHS dan diberi perekat kuat atau di lak. Sedangkan sampul yang ketiga, tidak boleh ada kode RSHS. Hal itu bertujuan untuk menghindari orang yang tidak berkepentingan penasaran dan ingin membuka isi amplop surat sangat rahasia tersebut.

Penggunaan Surat sangat rahasia tidak sembarang orang. Hanya orang-orang penting saja yang membuat dan menerima surat sangat rahasia. Karena surat ini berkenaan dengan dokumen yang sangat penting dan berurusan dengan negara. Maka, yang terlibat langsung dengan surat ini seperti presiden, wakil presiden, atau pejabat tertinggi lainnya.

Contoh Surat sangat rahasia adalah Surat yang berisi tentang dokumen negara, Surat-surat yang berisi tentang strategi perang, surat-surat yang berhubungan dengan batas-batas negara dan kedaulatan, surat-surat yang berhubungan dengan alat-alat perang, senjata rahasia perang, nuklir, pesawat, bom dan sebagainya.

Yang secara garis besar isi dari surat sangat rahasia ini berkenaan dengan kedaulatan negara. Tentu akan sangat berbahaya jika surat sangat rahasia ini jatuh ke tangan yang jahat atau ke tangan musuh. Oleh sebab itu, pengamanan surat sangat rahasia ini sangat tinggi. Biasanya diantarkan oleh pengirim rahasia khusus utusan presiden dan proses surat menyuratnya tidak diketahui oleh siapa pun.

Hanya sedikit informasi mengenai surat sangat rahasia, karena memang keberadaannya pun tidak dapat dipublikasi kepada khalayak ramai. Jika Anda masih penasaran tentang contoh surat sangat rahasia, begitu juga saya.

Saya pun mengalami kesulitan dalam mencari jawaban surat sangat rahasia adalah… serta contoh surat sangat rahasia, karena memang tidak akan ada surat sangat rahasia yang di upload dan diketahui banyak orang. Sekian ulasan tentang pengertian surat sangat rahasia dan ciri-cirinya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Semoga sukses !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *