Berikut ini tujuan surat bisnis!

Diposting pada

Tujuan Surat menyurat seperti yang telah dijelaskan sebelumnya merupakan kegiatan yang fungsinya untuk menjalin hubungan antara satu pihak dengan pihak lainnya, baik perorangan maupun instansi. Dikatakan surat menyurat apabila yang melakukan kegiatan ini tidak hanya oleh satu pihak tetapi mendapatkan respon dari pihak lainnya, apabila tidak demikian, maka tidak bisa dikatakan sebagai surat menyurat. Dalam bisnis surat menyurat memiliki peranan penting demi terjalinnya komunikasi yang baik.

Tujuan Surat Menyurat
Tujuan Surat Menyurat

Berikut Ini Penjelasan Tujuan Surat Menyurat Bisnis

Tujuan surat atau tujuan dari di buatnya surat adalah sebagai berikut:

  1. Untuk menyampaikan pesan atau informasi kepada pihak lain.
  2. Untuk menerima tanggapan atau informasi dari pihak luar dan atau merupakan tanggapan dari surat yang sebelumnya disampaikan.
  3. Untuk mempermudah penyampaian informasi
    Penulisan surat yang baik dan benar akan meminimalisir terjadinya kesalahan pengertian dari pihak penerima.

Dalam poin “c” pada tujuan surat dikatakan bahwa penulisan surat yang baik dan benar dapat meminimalisir terjadinya kesalahan pengertian dari pihak penerima. Nah, seperti apa penulisan surat yang baik itu? Simak di bawah ini.

Untuk membuat surat yang baik maka perhatikan hal-hal berikut ini:

a. Penulis surat harus memahami prosedur surat menyurat

Sebelum menulis surat, penulis harus memahami prosedur dalam penulisan surat yang baik dan benar terlebih dahulu untuk menghindari teknik penulisan surat yang salah.

b. Penulis harus mengetahui pesan yang hendak disampaikan

Saat akan menulis surat penulis biasanya menuliskan poin-poin yang hendak disampaikan dalam sebuah kertas, fungsinya adalah supaya apa yang di tulis langsung pada intinya, sehingga tidak bertele-tele dalam menjelaskan.

c. Mengetahui tata bahasa surat menyurat yang baik dan benar

Tata bahasa bisa dalam ejaan atau penulisan tanda baca. Ini penting terutama menyangkut surat bisnis agar tidak terjadi kekeliruan dalam menangkap informasi yang disampaikan

d. Mengetahui posisi dari penerima surat

Posisi di sini adalah jabatan dari penerima surat, kenapa harus tahu? Agar surat dapat di sesuaikan dengan jabatan penerima surat, dan terlihat lebih sopan.

Jika tadi kita membahas mengenai surat menyurat secara umum, berikut merupakan penjelasan mengenai surat menyurat dalam bisnis atau surat bisnis.

Surat bisnis merupakan surat yang di buat demi kepentingan kegiatan bisnis, misalnya surat penawaran, surat permintaan, surat pendistribusian barang, dan sebagainya. Sama halnya dengan surat menyurat biasa, surat bisnis pun dapat dikirim via pos, fax, atau email. Surat ini termasuk ke dalam surat yang penting, karena membawa nama perusahaan atau instansi .

Selain itu terdapat beberapa format penulisan dalam membuat surat bisnis. Yakni sebagai berikut:

Format penulisan dalam membuat surat bisnis

a. Modified block format

Merupakan format penulisan surat bisnis yang meletakkan penulisan alamat, tanggal, penutup, tanda tangan, dan nama penulis surat di bagian kanan.

b. Semi-Block

Merupakan format penulisan surat bisnis yang hampir sama dengan format sebelumnya. Perbedaannya hanya pada penulisan isi. Untuk format ini penulisan isi di buat menjorok ke dalam sedangkan untuk Modified Block Format tidak.

c. Format Block

Format ini merupakan format penulisan surat bisnis yang paling sederhana di antara dua lainnya, karena seluruh penulisan surat di letakkan di bagian kiri surat.

Untuk jenisnya sendiri, terbilang banyak tergantung tujuannya masing-masing, misalnya seperti surat lamaran kerja, surat penawaran, surat permintaan, surat perjanjian kerja sama. Semua surat tersebut masuk dalam kategori dalam tujuan surat bisnis karena tujuannya untuk urusan bisnis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *